Lompat ke isi utama

Berita

Ini Catatan Bawaslu Untuk KPU Pada Rapat Koordinasi Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) Semester II Tahun 2022. Kabupaten Bone

Ini Catatan Bawaslu Untuk KPU Pada Rapat Koordinasi Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) Semester II Tahun 2022. Kabupaten Bone
\n\n\n\n\n

Watampone, Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Bone – Kembali Melakukan Pengawasan Langsung Terkait Rapat Koordinasi Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) semester II Tahun 2022. Di Aula Kantor KPU Jl. Yosudarso watampone. Kamis. (16/06/2022).

\n\n\n\n

Pada Rapat Koordinasi Daftar Pemilih Berkelanjutan semester II Tahun 2022. Bawaslu Kabupaten Bone mempertanyakan setatus pemilih AC dan tindak lanjut terhadap surat rekomendasi DPB kepada KPU kab. Bone.

\n\n\n\n

Alwi, Anggota/Kordiv Pengawasan dan Hubal Bawaslu Kab. Bone, Mempertanyaka tentang setatus pemilih AC sekitar 6.956 yang sampai kini belum di ketahui sejauh mana progressnya, serta penambahan pemilih yang tidak terlalu signifikan progresnya, data di bulan mei hanya penambahan 42 orang yang melakukan perekaman sementara jumlah TMS meninggal lebih banyak dan meminta kepada KPU untuk lebih proaktif lagi masalah daftar pemilih ini agar kedepanya daftar pemilih kita lebih baik lagi. Jelas Alwi, Pada Rapat Koordinasi Daftar Pemilih Berkelanjutan semester II Tahun 2022.

\n\n\n\n

Untuk diketahui Pemilih AC merupakan pemilih yang tidak memiliki identitas apapun namun sudah masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT).

\n\n\n\n

Maming Genda Anggota/Kordiv Hukum, Humas Dan Data Informasi Bawaslu Kabupaten Bone meminta kepada KPU Kabupaten Bone agar surat rekomendasi saran perbaikan yang di kirim Bawaslu Kab. Bone Ke KPU Kab. Bone agar dapat di jawab dengan surat pula, agar Kami Bawaslu mengetahui apakah Rekomendasi Kami sudah di tindak lanjuti atau belum sebagai bentuk tertib administarasi. Jelas Maming Genda.

\n\n\n\n

“Setidaknya Khusus terkait DPB Bawaslu Kab. Bone sudah beberapakali mengirim Surat Rekomendasi Saran Perbaikan Ke KPU Kab. Bone, namun belum ada balasan sehingga Bawaslu Kab. Bone, tidak mengetahiu apakah saran perbaikan Bawaslu ditindak lanjuti apa tidak, Kalo ditindak lanjuti seperti apa tindak lanjutnya, kalo tidak ditindak lanjuti apa penyebapnya. Tutur Maming Genda Pada Rapat Koordinasi Daftar Pemilih Berkelanjutan semester II Tahun 2022.

\n\n\n\n

Andi Mappaninsong, Anggota Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bone Bagian Data menjelaskan, KPU Kab. Bone akan lebih proaktif lagi dalam hal daftar pemilih ini, dan masalah pemilih AC KPU tidak tidak bisa lagi mengakses data itu sehngga sampai sekarang masih stagnan dan disdukcapail tidak lagi memberikan akses kepada KPU untuk masuk sehingga menyulitkan kami. Jelas Andi Mappaninsong.

\n\n\n\n\n\n\n\n\n\n\n\n\n\n

Adapun peserta yang Hadir Pada Rapat Koordinasi Daftar Pemilih Berkelanjutan semester II Tahun 2022. Anggota dan Staf Teknis Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Bone, Perwakilan Lembaga Permasyarakatan Kelas II Bone, Perwakilan BPJS Kesehatan Cabang Bone, Perwakilan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Bone, Perwakilan Kodim 1407 Bone, Perwakilan Polres Bone, Perwakilan Perkumpulan Disabilitas Kabupaten Bone, Kepala Desa Padaloang kecamatan Cina, Lurah Walanae, Lurah Majang, dan Partai Politik diantaranya: Partai Golongan Karya, Partai Bulan Bintang, Partai Gerakan Indonesia Raya, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Nasional Demokrat, Partai PKB, dan Partai Perindo.

\n\n\n\n

Ditulis oleh Andi Sultan pada Jumat, 17 Juni 2022 – 

\n\n\n\n

Editor: Afero Harahap
Fotografer: Fadli

\n"