Lompat ke isi utama

Berita

Peluncuran ORASI (Obrolan Rutin Aktualisasi Konstitusi) Bawaslu Sulawesi Selatan

Peluncuran ORASI (Obrolan Rutin Aktualisasi Konstitusi) Bawaslu Sulawesi Selatan
\n

Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan menggelar Launching ORASI (Obrolan Rutin Aktualisasi Konstitusi) yang diresmikan langsung oleh Bapak Sekjen Bawaslu RI Dr. Gunawan Suswantoro, sekaligus dirangkaikan dengan penyerahan sertifikat penghargaan lomba hias bunga. Rabu, 21 Oktober 2020, di Kantor Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan.

\n\n\n\n

Kegiatan launching ORASI ini diawali dengan sambutan oleh Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan DR. Jalaluddin Siali, S.Pd.,M.Pd. dalam sambutannya disampaikan bahwa kedatangan Bapak Sekjen RI ada beberapa agenda, diantaranya jobfit untuk Koordinator Sekretariat Kabupaten/Kota yang akan dihadiri 5 Provinsi, yakni Provinsi Sulsel, Sulbar, Sulteng, Sultra, dan Maluku.

\n\n\n\n

Adapun Koordinator Divisi Humas Drs. Syaiful Jihad, M.Ag mengatakan bahwa Orasi (Obrolan Rutin Aktualisasi Konstitusi) ini merupakan salah satu target Divisi humas yang diharapkan kontinuitasnya.

\n\n\n\n

Selanjutnya Ketua Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan dalam hal ini Koordinator Divisi SDM Drs. H. L. Arumahi mengungkapkan bahwa ada harapan selama 2021 di mana Bawaslu RI telah mengupayakan Bawaslu Kabupaten/Kota akan tetap aktif melakukan kegiatan-kegiatan di tengah masyarakat. Malam ini kita akan mendengarkan arahan dari pak Sekjen Dr. Gunawan Suswantoro, di mana beliau merupakan orang yang paling paham Pengawasan Pemilu di Indonesia. Ada konsep baru yang akan dilakukan oleh Bapak Sekjen kedepannya, diharapkan bisa dipahami oleh pembuat Undang-undang, hal ini akan kita tunggu bersama.

\n\n\n\n

UU No 22 Tahun 2007 adalah cikal bakal lahirnya Bawaslu, pada waktu itu Bawaslu hanya disamakan tingginya dengan KPU hanya sampai di telinga.
Pada saat Panwascam yang adhock harus dibentuk oleh KPU, selanjutnya diubah menjadi UU 15 tahun 2011 lebih menguatkan Bawaslu, kemudian di UU Pilkada, Bawaslu semakin kuat dengan adanya penanganan Pelanggaran. Akhirnya di 2012 terbentuklah Bawaslu Provinsi dan di Tahun 2018 terbentuk pula Bawaslu Kab/Kota walaupun belum menjadi Satker." Tambahnya.

\n\n\n\n

Sementara itu lomba bunga/tanaman hias dimenangkan oleh Bawaslu Kabupaten Barru (harapan2), Pinrang (harapan1), Toraja Utara (juara3), Bone (juara2), dan Wajo (juara1).

\n\n\n\n

\n\n\n\n\n\n\n\n

Dalam kegiatan tersebut juga ikut hadir Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Bone Mulyadi, SE.

\n"