Lompat ke isi utama

Berita

Dr.Hj.Ernida SIPOL Belum Maksimal, Bawaslu Bone Optimalkan Pengawasan Langsung

Dr.Hj.Ernida SIPOL Belum Maksimal, Bawaslu Bone Optimalkan Pengawasan Langsung
\n

Watampone, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL) belum menjadi solusi sebagai alat bantu dalam pendaftaran dan verifikasi administrasi partai politik calon peserta pemilu. Hasil pengawasan mencatat kesulitan akses SIPOL.

\n\n\n\n

 Ketua Bawaslu Kabupaten Bone Dr Hj Jumria menyampaikan, laman SIPOL yang diberikan Ke Bawaslu sempat mengalami masalah atau eror saat diakses. Pengawas pemilu melihat ada permasalahan teknis pada server SIPOL.

\n\n\n\n

Selanjutnya, Dr.Hj.Ernida Mahmud selaku Penanggung Jawab Tim Pengawasan Tahapan Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu Tahun 2024. Bawaslu Kab. Bone memaparkan adanya perbedaan SIPOL yang di Pegang Bawaslu dan SIPOL yang di pegang KPU.

\n\n\n\n

“ada perbedaan dari segi menu pada aplikasi SIPOL yang dimiliki Bawaslu misalnya dalam SIPOL yang di berikan ke Bawaslu Tidak adanya menu yang dapat mengidentifikasi dan menyaring data secara otomatis dalam Sipol, seperti Keanggotaan ganda dalam satu Partai Politik, Keanggotaan ganda antar Partai Politik. Hal tersebut berdampak pada tidak optimalnya pengawasan yang dilakukan Bawaslu untuk mencermati keterpenuhan syarat keanggotaan Partai Politik. Melalui SIPOL”. Jelas Dr.Hj.Ernida Mahmud.

\n\n\n\n

“permasalah tersebut telah kami laporkan secara berjenjang Bawaslu provinsi Sulawesi Selatan dan Bawaslu R.I. untuk ditindak lanjuti sebagaimana mestinya. untuk memaksimalkan pengawasan Verifikasi Administrasi ini kami melakukan pengawasan langsung ke KPU Kab. Bone. Jadi Tim kami Tiap hari ke KPU untuk memastikan dan mencermati pelaksanaan Tim KPU dalam memverifikasi Administrasi partai politik peserta pemilu 2024.

\n\n\n\n

Tim kami akan terus mengawasi proses yang ada di KPU Kabupaten Bone Tutup Dr.Hj.Ernida Mahmud saat masih melakukan pengawasan SIPOL di Sekretariat Bawaslu Kabupaten Bone, Selasa (23/8/2022).

\n\n\n\n

Penulis: Afero

\n\n\n\n

Foto: Fadli

\n"