Lompat ke isi utama

Berita

Mantapkan Pengawasan, Bawaslu Bone Ikuti Apel Siaga Pilkada Damai 2024 Bawaslu Sulsel

apel siaga pilakda

Makassar, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Bone – Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) akan digelar serentak 27 November 2024. Bertempat di Taman Pakui Sayang pada hari Minggu, 11 Agustus 2024 Bawaslu Sulsel gelar Apel Siaga Pilkada Damai 2024 sebagai bentuk kesiapan jajaran Bawaslu se-Sulawesi Selatan dalam pengawasan untuk mengawal jalannya Pilkada Serentak 2024.

Adapun peserta apel siaga ini mencapai 1.300 personel yang terdiri dari Ketua, Anggota, jajaran Sekretariat Bawaslu Sulsel, Unsur Forkopimda Provinsi Sulsel, Perwakilan Partai Politik, dan jajaran Pengawas se-Sulawesi Selatan yang terdiri dari Ketua, Anggota, Kepala Sekretariat, Staf Sekretariat Bawaslu Kabupaten/Kota serta Ketua, Anggota, dan Koordinator Sekretariat Panwaslu Kecamatan.

Rangkaian giat apel siaga diawali dengan jalan santai pada pukul 06.00 Wita dan langsung dilanjutkan dengan agenda utama Apel Siaga pukul 08.00 Wita.

Bertindak selaku pembina apel Ketua Bawaslu Sulsel Mardiana Rusli menyampaikan beberapa hal dalam amanatnya.

“Publik harus mengetahui komitmen kita dalam mengawal proses penyelenggaraan pemilihan dengan sungguh – sungguh” tegas Mardiana.

Selanjutnya, Mardiana juga menegaskan terdapat 2 (dua) poin penting dalam pengawasan pilkada ini.

“Yang pertama adalah kompetensi, kompetensi kemampuan kita melakukan analisis setiap pengambilan keputusan yang nanti akan berdampak secara politik, atau juga berdampak secara kelembagaan. Karena itulah kita berharap penguatan kapasitas yang dijalankan oleh panwascam di tingkat daerah itu dimaksimalkan” tegasnya.

“Yang kedua adalah prinsip kita menjalankan komunikasi. Komunikasi interpersonal dengan antar lembaga itu harus dikuatkan. Komunikasi sebagai jembatan informasi kita yang selalu harus kita setiap saat memberikan informasi, apa saja, tindakan kita, kinerja kita, sehingga publik mengetahui hal -hal penting yang berkait dengan penyelenggaraan” sambungnya.

Di akhir kegiatan dilakukan penandatanganan Komitmen Pilkada Damai 2024 oleh Jajaran Pimpinan Bawaslu Sulsel, Unsur Forkopimda Provinsi Sulsel, serta Perwakilan Partai Politik yang sempat hadir.

Penulis dan Foto : Humas Bawaslu Bone

Editor : Humas Bawaslu Bone